|Lingkungan| Aqua dalam kloset


Judul: 101 Ideas To Save Our World Starting at Home (101 Gagasan Menyelamatkan Dunia Diawali di Rumah)
Pengarang: Mia N. Scmallenbach
Penerbit: Elex Media Komputindo
Halaman: 101+xii

Soal membuang air, bangsa kita paling jago. Menurut Mia –si penulis buku ini- di Eropa, Australia, dan Amerika tangki toilet menampung rata-rata 9 liter air. Di Indonesia ? hemm.. raat-rata 15 liter air (sekali siram!)
Bayangkan, berapa banyak air terbuang percuma bila “sekali tekan” (atau ada juga yang diungkit) 15 liter mengalir percuma. Bila anda peduli dengan persoalan kecil ini, ikuti tips dari Mia: Ambil dua botol air mineral berisi air dan tertutup, lalu masukkan ke dalam tangki kloset. Bila satu botol berukuran 600 ml, maka anda akan memperkecil volume tangki kloset sebesar 1,2 liter. Sebesar itulah penghematan yang anda lakukan demi lingkungan yang lebih baik!
Buku dengan sampul merah menyolok ini mengajak anda berpikir kreatifmisalnya bagaimana kita memanfaatkan kertas bekas atau sabun bekas, bagaimana kita bersahabat dengan tikus, kecoa, dan lalat yang menyatroni dapur kita. Selain itu buku ini juga mengajarkan bagaimana kita bisa hemat air, hemat energi, dan tepat guna dalam menggunakan teknologi, seperti merebus telur atau menghidupkan komputer dengan benar.
Setiap ide sarat dengan gagasan agar dunia tetap lestari, mulai dari membuat kompos alam, membuat AC dari kipas angin plus handuk basah, sampai dengan WC mampet! Ada 101 gagasan yang dipaparkan di buku ini.
Siapakah Mia N. Scmallenbach? Jangan salah, dia adalah remaja 15 tahun, bahkan saat mengawali menulis buku ini usianya masih beranjak 14 tahun!
Begitulah Mia, remaja kreatif yang bisa menjadi teladan dari tindakan dan idenya yang cemerlang. Gagasan-gagasan dalam buku ini diharapkan mudah diterapkan dan dapat menggugah siapapun, semua makhluk hidup, tanpa pandang usia, yang penting mau mengubah diri.
Dengan buku ini Mia mengajak kita untuk
MENYEMBUHKAN DUNIA MENJADI TEMPAT YANG LEBIH BAIK!

No comments: